Wednesday , August 15 2018
Home / Akademik FMIPA UM / Jurusan / Jurusan Kimia FMIPA UM

Jurusan Kimia FMIPA UM

A. VISI, MISI DAN KOMPETENSI LULUSAN

Jurusan Kimia menyelenggarakan tiga Program Studi (Prodi) jenjang S1, yaitu Prodi S1 Pendidikan Kimia dan Prodi S1 Kimia. Dalam implementasinya, Prodi S1 Pendidikan Kimia diselenggarakan dengan dua fokus, yakni S1 Pendidikan Kimia dam S1 Pendidikan Kimia untuk Pendidikan Guru Sekolah Bertaraf Internasional (PG-SBI). Di samping jenjang S1, dalam pelaksanaan akademik juga membantu kegiatan akademik Program Pascasarjana S2 Pendidikan Kimia. Visi, Misi, Tujuan dan Kompetensi tiap program studi jenjang S1 di Jurusan Kimia FMIPA -UM dijabarkan sebagai berikut.

1. Visi Jurusan Kimia

Menjadi jurusanyang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi bidang kimia dan pembelajarannya.

2. Misi Jurusan Kimia

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran kimia yang berpusat pada peserta didik, menggunakan pendekatan pembe­lajaran yang efektif, dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang kimia dan kependidikan kimia yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kesejahteraan masyarakat;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui pene­rapan kimia dan pembelajarannya yang berorientasi pada pember­dayaan masyarakat; dan
  4. Menyelenggarakan tatakelola kelembagaan mandiri, akuntabel, dan transparan yang menjamin peningkatan kualitas secara berkelan­jutan.

3. Tujuan Jurusan Kimia

  1. Menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas, unggul, dan berdaya saing tinggi berbasis kompetensi yang dimiliki;
  2. Meningkatkan relevansi proses pembelajaran kimia selaras de­ngan perkembangan ilmu dan teknologi.
  3. Memberikan sumbangan pada pengembangan ilmu kimia dan pembelajaran kimia berbasis hasil-hasil penelitian berkualitas
  4. Berperan serta dalam mengisi pembangunan nasional, memberi­kan sumbangan pemikiran maupun keterlibatanlangsungpada masyarakat.
  5. Memberikan sumbangan pemikiran maupun keterlibatan lang­sung pada masyarakat

4. Kompetensi Lulusan

Melalui kegiatan perkuliahan, praktikum, penelitian, dan kegiatan lain yang relevan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, serta didukung oleh sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi dan fasilitas pendidikan dan penelitian yang memadai dan handal, dapat dicapai lulusan sarjana yang mampu bersaing dalam dunia kerja yang sesuai dengan bidangnya.

a. Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Kimia

Lulusan program sarjana Pendidikan Kimia dengan gelar kesarjanaan S.Pd memiliki pengetahuan, sikap, ketrampilan dalam bidang pendidikan kimia, yang dicirikan dengan:

Lulusan program sarjana Pendidikan Kimia dengan gelar kesarjanaan S.Pd memiliki pengetahuan, sikap, ketrampilan dalam bidang pendidikan kimia, yang dicirikan dengan:

  1. Menguasai dasar-dasar keilmuan dan kegiatan ilmiah sebagai seorang sarjana yang mampu melakukan analisis, sintesis, dan perumusan untuk memahami, me­ne­mukan, dan menjelaskan tentang masalah dan penyelesaian masalah, khu­susnya di bidang pendidikan kimia dan pen­di­dikan sains pada umumnya.
  2. Menguasai konsep, prinsip, hukum dan teori ilmu kimia dan pendidikan kimia yang relevan, serta mempu­nyai keterampilan dasar mengajar dan laboratorik yang memadai untuk melaksanakan tugas-tugas pendidikan/pengajaran kimia dan me­nge­lola laboratorium sesuai dengan perkembangan IPTEK dan tuntutan masyarakat.
  3. Mampu menerapkan ilmu kimia, ilmu pendidikan, keterampilan laboratorium kimia, dan keterampilan mengajar/mengelola pembelajaran untuk kegiatan pengajaran dan pendidikan yang inovatif di sekolah dan di masyarakat sesuai dengan perilaku dan sikap sebagai seorang guru kimia, tata pro­fesi, dan tuntutan masyarakat.
  4. Memiliki landasan keilmuan yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang S2, ser­ta mampu mengikuti perkem­bang­an, dan meng­aktualkan ilmu dan keterampilanyang dimiliki sesuai dengan per­kem­bangan IPTEK (“belajar sepanjang hayat”).
  5. Memiliki sikap dan perilaku yang tepat dalam berkarya, bekerja, dan dalam berkehidupan bersama di masyarakat, dengan mem­perhatikan serta menerapkan etika profe­sional dan kultural.

b. Kompetensi Lulusan S1 Kimia

Lulusan program sarjana Kimia dengan gelar kesarjanaan S.Si memiliki pengetahuan, sikap, ketrampilan dalam bidang kimia, yang dicirikan dengan:

  1. Menguasai teori, hukum, prinsip, konsep, dan fenomena esensial Ilmu Kimia beserta cabang utamanya.
  2. Merencanakan dan melaksanakan pekerjaan laboratorium dalam bidang sains dasar.
  3. Menggunakan ilmu kimia untuk penyelesaian masalah di alam dan lingkungan, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.
  4. Mengembangkan diri dan memutakhirkan pengetahuannya sesuai dengan perkembangan ilmu kimia.
  5. Merepresentasikan dan memberikan argumentasi dari permasa­lahan dalam bidang kimia.
  6. Memiliki landasan keilmuan yang memadai untuk melanjutkan ke jenjang S2, ser­ta mampu mengikuti perkem­bang­an, dan meng­aktualkan ilmu dan keterampilanyang dimiliki sesuai dengan perkem­bangan IPTEK (“belajar sepanjang hayat”).
  7. Memiliki sikap dan perilaku yang tepat dalam berkarya, bekerja, dan dalam berkehidupan bersama di masyarakat, dengan mem­perhatikan serta menerapkan etika profe­sional dan kultural.

LABORATOIUM

Nama

Kegiatan yang dilayani dan fasilitas tersedia

Lab. Kimia Dasar

Praktikum Kimia Dasar, layanan kegiatan praktikum SMA/MA/SMK dan menunjang kegiatan penelitian skripsi/tugas akhir mahasiswa. Peralatan lengkap dan memadai, khususnya peralatan dasar laboratorium kimia, seperti almari asam, peralatan gelas, timbangan analitik, magnetik stirer, oven digital, kalorimeter, dan peralatan praktikum lain. Selain itu juga dilengkapi dengan ruang penyimpan peralatan dan bahan kimia.

Lab. Kimia Anorganik

Praktikum Kimia Anorganik dan penelitian bidang Kimia Anorganik baik dosen maupun mahasiswa, layanan kegiatan praktikum dan penelitian Perguruan Tinggi lain serta pengabdian kepada masyarakat. Peralatan dasar lab. Kimia anorganik yang memadai. Laboratorium ini dilengkapi dengan almari asam, peralatan gelas, peralatan lain seperti flame photometer, fluoresence, oven, furnace, analytical balance, automatic titrator, drying oven, electric precision balance, magnetic stirrer with hot plate, microscope, polarimeter, dan lain-lain. Laboratorium kimia anorganik juga dilengkapi dengan ruang penyimpan peralatan dan bahan kimia. Selain untuk kegiatan praktikum kimia anorganik, laboratorium ini juga digunakan untuk kegiatan praktikum dasar-dasar kimia analitik.

Lab. Kimia Organik

Praktikum Kimia Organik dan penelitian bidang Kimia Organik baik dosen maupun mahasiswa, layanan kegiatan praktikum dan penelitian Perguruan Tinggi lain serta pengabdian kepada masyarakat. Peralatan dasar lab. Kimia organik yang memadai dilengkapi dengan peralatan distilasi, ekstraksi dan isolasi senyawa-senyawa bahan alam.

Lab. Kimia Analitik

Praktikum Kimia Analitik dan penelitian bidang Kimia Analitik baik dosen maupun mahasiswa, layanan kegiatan praktikum dan penelitian Perguruan Tinggi lain serta pengabdian kepada masyarakat. Peralatan dasar lab. Kimia analitik yang memadai dilengkapi dengan peralatan analisis kualitas air (BOD, COD, DO Meter dan sejenisnya), turbidimeter, pH meter, konduktometer, miniatur waste water treatment, dan sebagainya.

Lab. Kimia Fisik

Praktikum Kimia Fisik dan penelitian bidang Kimia Fisik baik dosen maupun mahasiswa, layanan kegiatan praktikum dan penelitian Perguruan Tinggi lain serta pengabdian kepada masyarakat. Peralatan dasar lab. Kimia Fisik yang memadai dilengkapi dengan viskometer, konduktometer, polarimeter, Bomb-Calorimeter, dan sebagainya.

Lab. Biokimia

Praktikum Biokimia dan penelitian bidang Biokimia baik dosen maupun mahasiswa, layanan kegiatan praktikum dan penelitian Perguruan Tinggi lain serta pengabdian kepada masyarakat. Peralatan dasar lab. Biokimia yang memadai dilengkapi dengan electrophoresis apparatus, photo DNA apparatus, dan sebagainya.

Lab. Pembelajaran Kimia

Pembelajaran microteaching, penelitian metode, model, evaluasi pembelajaran, dan sejenisnya. Lab. PBM Kimia dilengkapi dengan fasilitas audio-visual, komputer, model-model pembelajaran (modul, alat peraga, dan bahan ajar lainnya).

Lab. Penelitian

Tempat dilakukannya penelitian dosen bersama mahasiswa, penelitian untuk skripsi/tugas akhir dan tugas-tugas ilmiah lainnya. Fasilitas penelitian sangat memadai

Lab. Instrumentasi

Mendukung kegiatan praktikum Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Analitik, dan Biokimia, serta penelitian dosen dan mahasiswa, melayani jasa analisis dari instansi pemerintah dan industri, khususnya analisis Fe, Au, Co, Cu, Ni, Pb, Cd, Cr, Mg, Sn, Zn, Na, K, (dari berbagai jenis sampel: padat, cair, limbah) minyak atsiri, dan sebagainya. Instrumentasi canggih dan modern sebagai pendukung, yakni AAS, GC, GC-MS, UV-Vis, dan IR Spectrophotometer, serta Spectronic 20.

Lab. Komputer dan TIK

Penyusunan skripsi, laporan penelitian, dan karya akademik lainnya (dosen dan mahasiswa), dilengkapi dengan jaringan internet dan LAN.

Lab. Sentral FMIPA

Mendukung kegiatan praktikum Kimia Organik, Kimia Anorganik, Kimia Analitik, dan Biokimia, serta penelitian dosen dan mahasiswa, melayani jasa analisis dari instansi pemerintah dan industri, khususnya analisis Fe, Au, Co, Cu, Ni, Pb, Cd, Cr, Mg, Sn, Zn, Na, K, (dari berbagai jenis sampel: padat, cair, limbah) minyak atsiri, dan sebagainya. Instrumentasi canggih dan modern sebagai pendukung, yakni GC-MS, FT-IR, TOC, PCR, XRD, dan sebagainya

 Untuk Kurikulum, SKS, Data Dosen dan Laboran serta info lainnya, silahkan langsung kunjungi web Jurusan Kimia

About admin01

Check Also

Jurusan Matematika FMIPA UM

A. VISI DAN MISI JURUSAN Berdasarkan statuta Universitas Negeri Malang dan buku Pedoman Pendidikan UM …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *