Wednesday , December 13 2017
Home / Berita Fakultas / Berita Fakultas / Workshop Pengembangan PPL Berbasis Lesson Study

Workshop Pengembangan PPL Berbasis Lesson Study

FMIPA Universitas Negeri Malang mulai tanggal 19 sampai dengan 30 April 2009 menyelenggarakan Workshop Pengembangan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) berbasis Lesson Study.
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan/kualitas mengajar guru yang pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa
Workshop ini diikuti oleh 675 peserta terdiri dari 436 mahasiswa yang akan melaksanakan PPL di sekolah, 144 Guru Pamong, dan 95 Dosen Pembimbing Lapangan. Pelaksanaan kegiatan selama 3 minggu di kampus, dan selebihnya dilaksanakan di sekolah-sekolah yang tersebar di Malang, Kediri, dan Blitar.

Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community.

Menurut Drs. Ibrohim, M.Si, secara konseptual lesson study mudah dipahami. Artinya seorang guru yang ingin belajar lesson studi sebagai suatu system membangun kemampuan guru secara berkelanjutan atau continous Proffesional Development (CPD) harus belajar dan melakukan secara sungguh-sungguh dan terus menerus. Lesson studi sebenarnya merupakan suatu cara mengubah budaya kerja guru. Dari guru atau dosen yang umumnya bersifat tertutup dalam melakukan tugas pembelejaran kini harus mau selalu terbuka dan melakukan sharing secara kolaboratif dengan kolegianya.

About admin01

Check Also

Hari Korpri Ke 46

Rangkaian Acara hari Korpri yang ke 46

Rangkaian Acara hari Korpri yang ke 46 Fakultas MIPA juga ikut memperingatinya diawali dengan lomba …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *