Pengembangan Rubrik Aktivitas Belajar Siswa Sebagai Assesmen Kinerja Dalam Pembelajaran Sains di SMA

Afni Susanti
Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd
Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang
ABSTRAK

Penilaian terhadap berbagai kemampuan yang dapat digolongkan pada kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik dapat dilakukan dengan bermacam-macam teknik asesmen. Untuk menilai aktivitas belajar siswa diperlukan suatu asesmen autentik di luar asesmen ”paper and pencil test” yaitu asesmen kinerja. Dalam menerapkan asesmen kinerja diperlukan rubrik sebagai pendamping asesmen kinerja. Rubrik asesmen kinerja tersebut dapat dibuat dalam bentuk lembar observasi aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dalam metode TSTS (Two Stay Two Stray) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dalam penelitian ini digunakan rubrik aktivitas belajar siswa sebagai asesmen kinerja untuk menilai aspek aktivitas belajar yang muncul selama proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus tindakan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas X-2 semester genap tahun ajaran 2008-2009 SMA Negeri 3 Malang yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Pola PBMP (Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan) dalam Metode TSTS (Two Stay Two Stray) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II baik ditinjau dari peningkatan setiap kelompok maupun secara klasikal.


Kata kunci: rubrik aktivitas belajar, assesmen kinerja

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Need Help? Chat with us