Sunday , November 19 2017
Home / Lesson Study / Lesson Study / Pengembangan Modul Struktur Atom, Sistem Periodik, Dan Ikatan Kimia Berbasis Learning Cycle (LC) Untuk SMA/Ma Kelas XI Semester 1 Dalam Menunjang Pembelajaran Dengan Metode Learning Cycle

Pengembangan Modul Struktur Atom, Sistem Periodik, Dan Ikatan Kimia Berbasis Learning Cycle (LC) Untuk SMA/Ma Kelas XI Semester 1 Dalam Menunjang Pembelajaran Dengan Metode Learning Cycle

Aman Santoso
Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang
ABSTRAK

Perubahan paradigma behavioristik menjadi konstrukti­vis­tik berpengaruh pada perbaikan kurikulum. Kurikulum yang di­pakai saat ini adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang menekankan penggunaan pembelajaran kons­truk­tivistik. Salah satu model pembe­lajar­an konstruktivistik adalah learning cycle 5 Fase (LC 5-E). Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul Struktur Atom, Sistem Periodik, dan Ikatan Kimia model LC 5-E serta menguji tingkat kelaya­kan­nya. Prosedur pengembangan yang digunakan mengacu pada 10 langkah penelitian dan pengembangan menurut Gall dan Borg. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu dan biaya, maka peneliti­an dan pengembangan ini dibatasi sampai langkah ketiga. Langkah-langkah pengembangan modul ini adalah: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan pengembangan produk, dan pengembangan produk awal. Instrumen pengumpulan data be­rupa angket dengan skala Likert dan lembar saran. Data yang di­per­oleh berupa penilaian dan tanggapan dari validator yang di­gunakan untuk menentukan kelayakan atau validitas modul yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis nilai rata-rata.

Hasil penelitian pengembangan ini: (1) Modul Struktur Atom, Sistem periodik, dan Ikatan Kimia model learning cycle 5-E terdiri dari beberapa komponen yaitu, cover, kata pengantar, petunjuk penggunaan modul, daftar isi, daftar gambar, daftar tabel, kompetensi dasar, indikator pencapaian hasil belajar, kegiatan belajar siswa (Kegiatan belajar 1 sampai 6), soal pendalaman, umpan balik, kunci jawaban, dan daftar pustaka. Tiap kegiatan belajar terdiri dari 5 fase. (2) Hasil validasi secara keseluruhan menunjukkan nilai rata-rata sebesar 3,47 dengan kriteria valid, hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan sudah sesuai dan layak digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar di SMA/MA. Saran-saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah Perlu adanya pengembangan modul dengan materi lain atau metode baru untuk mendukung pembelajaran konstruktivistik sehingga dapat memperkaya sumber belajar siswa.

Kata kunci: Pengembangan modul, struktur atom, learning cycle 5-E

 

About admin01

Check Also

Pelaksanaan Lesson Study dimata Guru MIPA SMPN/S Dan MTSN/S Peserta MGMP MIPA Berbasis Lesson Study di Home Base Bangil Kabupaten Pasuruan

Agus DaheriDarsono SigitGuru MIPA; home base Bangil; Kabupaten PasuruanKimia FMIPA Universitas Negeri MalangABSTRAK   Di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *