Monday , October 23 2017
Home / Lesson Study / Lesson Study / Pemanfaatan Tutor Dan Konselor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viiie Smpn 2 Garti Tahun Pelajaran 2008/2009

Pemanfaatan Tutor Dan Konselor Sebaya Untuk Meningkatkan Aktifitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viiie Smpn 2 Garti Tahun Pelajaran 2008/2009

Muchammad Muchlis, S.Pd
Jalali, S.Pd
SMPN 2 Grati
ABSTRAK

Aktifitas belajar siswa dapat dilihat dari seberapa banyak siswa bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengemukakan ide. Dengan memanfaatkan tutor sebaya ternyata aktifitas tersebut dapat meningkat dari tidak biasa bertanya (hampir 0 aktifitas) menjadi 5 kali aktifitas (bertanya, menjawab, dan mengemukakan) tiap siswa per pertemuan. Demikian pula konselor sebaya dapat digunakan cara yang efektif untuk mengetahui dan menyusun rencana awal tindak lanjut siswa yang bermasalah dalam belajar secara pribadi. Pemanfaatan tutor dan konselor sebaya ternyata juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 160% (dari rata-rata kelas 29,3 menjadi 81).


Kata kunci : turor, konselor sebaya

Check Also

Kontribusi Global Learning Dan Mind Mapping Dalam Pembelajaran Aritmatika Sosial Sebagai Jaringan Konsep

Agustin Debora MSDra. Santi Irawati, M.Si, Ph.DDrs. Mustangin, M.PdSMP Negeri 1 Pajarakan Kab Probolinggo; debora_bless@yahoo.co.idFMIPA …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *